Selasa, 09 Agustus 2016

Mengenal Lebih Dekat Penyakit Alzheimer


Mengenal Lagi Soal Penyakit Alzheimer. Penyakit alzheimer merupakan jenis penyakit neurodegeneratif atau penurunan fungsi  syaraf otak. Alzheimer menyebabkan penderita kehilangan daya ingatnya secara drastis hingga tidak bisa mengurus dirinya sendiri dalam level yang akut. Pada umumnya alzheimer sering diderita oleh orang berusia lanjut, namun tidak menutup kemungkinan untuk dialami juga oleh orang-orang yang berusia lebih muda. Karenanya dunia kedokteran membagi dua jenis penderita alzheimer menjadi dua macam berdasarkan kriteria usia, yaitu early onset bagi yang berusia kurang dari 58 tahun dan late onset bagi penderita di atas 58 tahun.

Kenali Penyakit Alzheimer


Penyebab alzheimer masih dalam tahap penelitian lebih lanjut oleh para ahli. Namun, faktor genetika dan faktor lingkungan merupakan faktor dominan. Selain faktor genetika, kondisi pengidap kencing manis, hipertensi, kolesterol tinggi dapat menjadi faktor resiko terkena alzheimer.

Gejala-gejala alzheimer dapat dilihat dari tanda-tanda penderita yang kehilangan ingatan, menjadi agresif dan cepat marah, serta perubahan suasana hati. Gejala ini menyebabkan penderita melalui serangkaian gangguan dalam berkomunikasi, membuat keputusan, berinteraksi dan sebagainya.

Penanganan alzheimer diupayakan dengan menggunakan obat yang disebut dengan donepezil dan rivastigmine untuk alzheimer tingkat rendah hingga medium dan memantine untuk penderita tingkat medium hingga berat. Sedangkan untuk upaya pencegahan memang belum ditemukan dalam riset-riset para ahli. Namun, mengonsumsi minyak ikan, rajin berolahraga, mengisi teka-teki silang dan berinteraksi sosial sering disebut-sebut sebagai aktivitas yang bermanfaat bagi otak.

Sedari dini, perlu ada upaya serius dalam mencegah datangnya penyakit ingatan ini agar tak menghinggapi sejak awal di usia yang masih agak muda.

Demikian sedikit informasi Mengenal Lebih Dekat Penyakit Alzheimer semoga bermanfaat dan berguna.

Baca juga

 


 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar